Macam-Macam Bahan Kosmetika Wajah Yang Berbahaya

Sering kali kita tidak terlalu memperhatikan bahan baku apa saja yang terkandung dalam produk kosmetika yang kita beli, dan acap kali menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan dan kelangsungan hidup kulit wajah. Ingin mendapatkan kulit wajah yang indah, putih dan cerah, kita sering salah dalam memilih produk kecantikan dan perawatan wajah yang aman bagi kulit wajah. Ada beberapa jenis bahan-bahan kimia yang sering digunakan sebagai campuran produk kecantikan. Sebagai informasi, berikut ini adalah jenis bahan-bahan kimia yang terkandung dalam Produk Kosmetika yang cukup berbahaya bagi kulit wajah, diantaranya adalah :

1. Bahan kosmetika wajah yang mengandung Mercury

Bahan kimia seperti Mercury, sering kita temui hampir di setiap jenis produk kosmetika atau produk pemutih wajah. Bahan kimia seperti mercury ini tentunya sangat berbahaya bagi kesehatan dan kelangsungan regenerasi bagi kulit wajah. Bahan mercury ini bersifat racun dan perlu waktu lama untuk mengeluarkan dari dalam tubuh. Contoh bahaya yang diakibatkan dari penggunaan kosmetik yang mengandung mercury adalah kanker kulit dan flek hitam yang akan semakin memperbesar pori-pori di sekitar wilayah kulit wajah. Selain itu bahaya mercury bagi seorang wanita yang sedang mengandung adalah memperlambat pertumbuhan janin bahkan dapat menyebabkan keguguran.

2. Bahan kosmetika wajah yang mengandung Hydroquinone

Hydroquinone merupakan salah satu bahan kosmetik yang juga digunakan dalam campuran produk-produk kosmetika. Hydroquinone memang dipercaya dapat membantu seseorang untuk mendapatkan wajah yang cantik, indah menawan. Manfaat dari Hydroquinone sendiri dapat mencerahkan kulit wajah dan mengatasi wajah dari bintik atau flek hitam akibat bekas jerawat. Namun hasil penelitian membuktikan bahwa kosmetika yang mengandung hydroquinone bila terus digunakan akan menimbulkan efek samping negatif yang mengakibatkan kerusakan kulit wajah, dan lebih jauh lagi apabila digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama hydroquinone dapat menyebabkan kanker kulit.

3. Bahan kosmetika wajah yang mengandung Rhodamin B

Begitu banyak jenis bahan kimia yang dicampur dalam setiap jenis produk kosmetika, namun campuran bahan kimia biasanya paling sering ditemui pada bedak dan alas bedak. Salah satu bahan kimia yang berbahaya yang juga digunakan sebagai campuran produk kosmetika adalah Rhodamin B. Rhodamin B merupakan zat pewarna sintetis yang umumnya sering digunakan untuk pewarna bahan tekstil. Rhodamin B ini biasanya digunakan para industri produk kecantikan sebagai tambahan pewarna pada lipstik dan blush on (pewarna pipi), hal ini disebabkan karena Rhodamin B cukup memberikan ketahanan warna pada pipi dan bibir serta membuat wajah terlihat merah merona. Akan tetapi Rhodamin B ini sebenarnya cukup berbahaya bila digunakan dalam waktu yang cukup lama yang dapat mengakibatkan gangguan kesehatan.

4. Bahan kosmetiak wajah yang mengandung Komedogenik

Kmedogenik adalah salah satu bahan utama yang paling banyak digunakan pad produk kosmetika untuk memelihara kecantikan wajah. Namun dari hasil penelitian yang dilakukan oleh beberapa ahli kimia bahwa bahan kosmetika yang mengandung komedogenik ini bila digunakan akan menyebabkan timbulnya komedo dan kelainan pada kulit wajah.

5. Bahan kosmetika wajah yang mengandung Propylene Glycol

Propylene Glycol merupakan salah satu bahan yang digunakan untuk mengentalkan bahan-bahan kosmetik. Zat propylene Glycol mudah ditemui pada produk kecantikan seperti dalam bentuk pembersih muka, pelembab muka, dan produk kosmetik yang awalnya bersifat cair. Namun zat propylene glycol ini dapat menyebabkan kelembapan kulit yang alami menjadi terganggu dan mudah terkonatminasi kuman, dan bakteri. Bahkan dalam suatu pemeriksaan produk kosmetik, zat tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal dan fungsi hati.

6. Bahan kosmetika wajah yang mengandung Diethanolamine (DEA), Triethanolamine (TEA) dan Monothanolamine (MEA)

Pada umumnya ketiga tersebut banyak digunakan dalam bentuk produk perawatan wajah. Namun ketiga bahan tersebut cukup berbahaya karena dapat mengakibatkan meningkatnya resiko terjadinya kanker ginjal dan hati.

7. Bahan kosmetika wajah yang mengandung pewarna buatan

Pewarna atau yang disebut juga coal tar derivative digunakan di berbagai jenis produk kecantikan sebagai warna dasar. Dampak negatif dari pewarna buatan hampir sama dengan bahan kosmetik yang mengandung komedogenik, yakni dapat menimbulkan komedo yang mudah sekali datang terutama bagi seseorang yang memiliki tekstur dan jenis kulit wajah yang sensitif, berminyak dan mudah berjerawat.

8. Bahan kosmetik yang mengandung Isopropyl Alcohol

Isopropyl Alcohol merupakan bahan campuran kosmetika yang sudah umum dan sering sekali digunakan oleh para produsen kosmetika dalam berbagai jenis produk kosmetika yang mereka jual dipasaran bebas. Isopropyl Alcohol ini digunakan sebagai bahan pelarut. Isopropyl Alcohol mempunyai dampak negatif karena dapat menyebabkan penuaan dini lebih cepat dan menimbulkan iritasi pada kulit, terutama bagi seseorang yang memiliki jenis kulit wajah sensitif. Selain itu Isopropyl Alcohol ini juga dapat merusak lapisan asam kulit sehingga memudahkan bakteri dan kuman dapat berkembang biak dan tumbuh subur di lapisan kulit dalam.


=====================================

>>> Produk Pemutih Wajah Dari Boyke&Co, Memutihkan Kulit Wajah Secara Alami, Bagus dan Aman, Cocok digunakan Oleh Wanita dan Pria, Klik Disini!
=====================================
This entry was posted in Krim Pemutih Wajah and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>